Advertisment  Advertisement

Heboh kejadian terkini di Jakarta Timur, seseorang dikabarkan meninggal dunia karena ledakan septic tank. Dilansir kompas.com, korban adalah seorang petugas sedot WC yang merupakan supir truk pengangkut tinja tersebut. Setelah septic tank dibersihkan, korban ingin membuktikan kepada pemilik rumah bahwasanya tempat pembuangan tinja itu sudah bersih, dengan cara membakar Koran lalu melemparnya ke dalam septic tank.

Sebenarnya apa yang membuat septic tank tersebut meledak? Mari kita telusuri dengan mengupas apa saja kandungan dalam tinja (feses) manusia.

Bakteri

Karena merupakan sisa makanan yang diolah oleh usus, maka feses menjadi tempat berbagai macam bakteri dengan berbagai macam jenis, seperti bakteri penyebab diare, tifus, disentri sampai kolera.

Telur Cacing

Dalam organ pencernaan manusia terdapat berbagai macam cacing, seperti cacing tambang dan cacing kremi. Nah, cacing-cacing tersebut bereproduksi dengan cara bertelur, dimana telur-telurnya ikut keluar bersama feses.

Ampas

Perut kita didesain untuk mencerna makanan untuk menjadi energi, pembentukan massa tubuh seperti otot dan tulang, dan banyak kebutuhan lainnya. Hanya saja, tidak semua terurai untuk kebutuhan tubuh kita, sehingga sebagiannya menjadi ampas/sisa makanan yang keluar bersama feses.

Zat Kimia

Amonium, Fosfat dan gas H2S merupakan dua zat kimia yang terkandung dalam tinja. Namun setelah tinja keluar dari perut dan tertampung di suatu tempat seperti septic tank, ternyata terjadi proses kimia lainnya yang memunculkan zat kimia baru, yakni gas CO2 dan Metana.

Nah, kedua gas ini lah yang kemudian membuat septic tank bisa meledak, dipicu oleh api. Mengapa bisa meledak? Karena sifat gas tersebut yang dapat memuai jika panas dan memenuhi ruang. Bahkan menurut para ahli, tanpa api pun septic tank bisa meledak jika gas dalam jumlah yang besar dan tidak ada saluran pengeluaran. Karena itu, penting dalam pembuatan septic tank sebuah saluran seperti pipa misalnya, untuk mengeluarkan gas dari dalam. Dalam kejadian di Cakung tersebut, diketahui tidak ada saluran pengeluaran gas dari dalam septic tank, bahkan bertahun-tahun lamanya tidak dibuang, apalagi dipicu api, lengkap sudah.

Semoga kejadian ini menjadi pelajaran berharga untuk kita semua, dan almarhum korban yang meninggal dunia mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here